Sabtu, 24 Maret 2012

cara memasang alarm motor

Bagi teman-teman yang mau pasang alarm motor tapi masih bingung cara memasang nya,mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu.Karna banyak dari teman-teman yang kepingin memasang alarm agar motornya aman dari pencurian selain itu juga bisa sebagai modifikasi tambahan.Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika sewaktu mau pasang alarm motor . Setelah beli alarm dan saya buka dusnya memang ada panduan cara memasang tapi bingung juga mengaplikasikannya . Setelah saya coba -coba saya punya kesimpulan cara pasang yang mudah .
Pertama setelah kita buka dusnya ada 8 kabel warna : merah,orange, pink,grey,blue,2yellow,dan black.
kita urai satu persatu : Kabel warna Merah kita sambung ke positif aki (merah)atau kontak IN,Kabel warna Orange kita sambung ke kontak Out ,Kabel warna Pink & Grey nggak di pakai , Kabel warna Kuning ada2 kita sambung ke positif Sen kiri & kanan , Kabel warna Biru kita sambung ke dari tombol stater yang menuju ke bendik , Dan kabel warna Hitam adalah kabel massa/body. sekarang kita tes pake remot tet tet tet
itu untuk motor matic seperti mio,beat,vario.tapi untuk motor jenis jupiter,vega agak lain untuk yang kabel warna biru/kabel stater . karena skema kelistrikannya berbeda  maka kita harus rubah kabel yang menuju bendik stater. Disitu ada 2 kabel warna coklat dan biru-putih ,untuk kabel wana coklat putus dulu karena itu kabel positif kontak trus kabel yang warna biru-putih juga kita putus dan disambungkan ke kabel yang warna coklat dari bendik tadi,lalu kita menuju ke swit stater , disitu juga ada 2 kabel warna biru-putih yang tadi sudah kita sambung ke bendik dan yang satu kabel warna hitam/negatif,nah kabel hitam tsb kita putus dan sambungkan dengan kabel warna coklat yang tadi.
Dan jangan lupa isolasi yang rapat biar nggak konslet! selamat mencoba!!
 
 


7 komentar:

  1. trs gimana cara mematikan kalau waktu menghidupkan pakai kunci kontak motor,krn setelah di coba di matikan pakai remot motor tdk bisa mati

    BalasHapus
  2. Kyna klo kabel pink & grey ga dipake ga bs matikan mesin dr remote (kontak off) cb sambungkan kabel pink & grey ke pulser u/ pengapian dc

    BalasHapus
    Balasan
    1. @d3lionz.klo boleh tau tu remot di pasang pada motor apa?.

      Hapus
  3. Bro klo pasang shinagawa ke pulsar ada cra nya ga? Apa sama aja

    BalasHapus
  4. ane baru pasang nh..skedar nambahin..buat ky mx ,jupe,pkony motor engkol dah..
    alarm skrg kabel2ny udh brubah sedikit..
    merah hubgkn ke aki
    hitam hubgkn ke aki -
    abu2 hubgkan ke kabel biru muda(kabel netral /gigi nol)klo ga pake kopling boleh disatuin ke aki -
    orange hubgkn kkabel coklat(posisi sbelah tangki)
    biru hubungkan kebiru strip putih(sblah kabel coklat tadi)
    2 kabel kuning hubgkn ke kabel sein (warna coklat hijau tua)liat soket sein blkang nnt bisa bakar kabel ddeket tangki..biar kabel ga perlu nambah atw potong..
    kabel pink ga kpake kyany..
    ane tes ok2 aj gda kndala..txs

    BalasHapus
  5. Gan...aku pasang alarm wilwood ke mio sporty, kabel merah saya tempelin ke kabel merah kontak, kabel pink saya tempelin ke kabel coklat kontak, kabel biru ke positif double stater, kabel kuning ke lampu sein kanan kiri, kabel hitam saya tempelin ke kabel hitam (-) lampu besar...sisa kabel orange ama grey....nah yg jd masalah , tu sisa 2 kabel saya masih bingung...di modulnya ditulis kabel orange ke head wire out sedang grey ke positif wire extinction maksud dari 2 sisa kabel itu apa gan....dengan set-up an sisa 2 kabel alarm dh nyala alias berfungsi normal n lampu sein pun nyala sewaktu alarm bekerja nah ada lagi masalah, waktu saya coba hidupin mesin pake remote tidak bisa ngidupin engine nya (posisi kontak off) tp kalo kontak on saya bisa nyalain pake remote tp ga bisa dimatiin pake remote engine nya...mohon panduannya...

    BalasHapus